Testimonials

TESTIMONIAL PENYAMPAIAN MATERI PAK SAEFUL ZAMAN



“Manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Alhamdulillah hari ini adalah waktu yang saya tunggu-tunggu. Saya merasa bahwa hari ini menjadi titik balik untuk melakukan introspeksi terhadap kekurangan yang disampaikan oleh teman-teman dan saya rasa 99% dari apa yang telah disampaikan oleh teman-teman adalah benar. Sebelumnya tidak banyak orang yang mengkritik saya karena segan, namun hari ini tidak demikian. Saya berharap diri ini senantiasa haus akan saran dan teman-teman pun tidak jemu untuk menegur jika saya keliru. Saya ucapkan terima kasih pada teman-teman yang sudah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan saya.

Arvy,

 

“Saya senang dengan adanya sharingfeedback ini karena saya mendapatkan banyak saran dari teman-teman yang dapat membuat saya menjadi lebih baik lagi. Saya juga senang karena ternyata banyak orang yang telah mengenal kepribadian saya baik kelebihan ataupun kelemahan. Teman-teman memberikan umpan balik yang dapat memotivasi agar saya tetap menjadi diri saya yang apa adanya. Kejujuran itu lebih baik diungkapkan karena tidak sepenuhnya menyakitkan. Terima kasih teman-teman.”

Irma NoviantyNazib,

 

“Secara tanpa sadar orang-orang disekitar kita dengan sendirinya menilai diri kita. Dengan adanya sharingfeedback ini, saya jadi lebih termotivasi untuk lebih baik lagi. Karena menyadari bahwa tidak semua orang dapat menerima sifat kita, maka dari itu diperlukan etika dan human relation yang baik. Bagaimanapun karakter orang yang dihadapi, kita tetap harus saling mengingatkan karena kita akan selalu membutuhkan satu sama lain.”

Meliana Pancarani,

 

“Saya merasa senang setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan saya dari teman. Karena saya jadi lebih mengenali diri saya sendiri. Hal itu memotivasi saya untuk melakukan yang terbaik dan introspeksi diri atas kekurangan yang dimiliki.”

Riana Fitri,

 

“Dari hasil sharingfeedback tersebut saya merasa termotivasi. Saya menjadi tahu hal-hal apa saja yang menjadi kelemahan saya sehingga saya bisa melakukan introspeksi terhadap kelemahan itu. Saran-saran yang diberikan sangat berarti dan menurut saya saran tersebut merupakan sebuah ungkapan rasa sayang dan peduli teman-teman pada saya.”

Assad Yusman,

“Dari sharingfeedback yang telah dilakukan, saya menjadi tahu kelebihan-kelebihan yang sebelumnya tidak saya sadari. Selain itu saya senang karena teman-teman juga mengungkapkan kelemahan-kelemahan saya, dengan begitu saya dapat melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. Saya berterima kasih karena saya menjadi lebih mengenal diri saya atas kegiatan sharingfeedback ini.”

GreaceElfrida A,

 

Ichsan Zamsyah Ramadhan
Sangat menarik dan membangun karena dari sisi menariknya terdapat selang – seling kegiatan jadi tidak terlalu terpaku kedalam materi. Saya rasakan jadi sedikit tambah percaya diri dalam cara berkomunikasi dengan sesama maupun dengan banyak orang dan bisa menjadikan sebagai bekal untuk di dalam dunia kerja. Merasa jadi sedikit tidak canggung lagi saat mencoba berkomunikasi dengan orang/banyak orang.

Irfan Mutaqin
Sangat menyenangkan, bermanfaat, banyak memberikan nilai – nilai berharga tentang kepemimpinan dan hikmah, lebih tau hal- hal baru tentang kepemimpinan
Saya mendapatkan ilmu-ilmu baru tentang :
– Cara – cara kepemimpinan.
– Empati.
– Belajar kepedulian terhadap rekan.
– Kerja sama tim.

Diki Maulana Yusuf
Memberikan pengetahuan baru, cara menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, bagaimana cara menjadi seorang leader/pemimpin, dan bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.

Sigit Stepanus Sitepu
Saya merasa terbangun dan terlatih untuk bekerjasama, menyamakan sudut pandang akan masalah dan berkomitmen. Materi ini tidak hanya soal memimpin tapi juga bagaimana anda dipimpin dan menyamakan persepsi, tujuan adalah tanggung jawab bersama. Saya merasa lebih dapat memimpin dengan tidak menghilangkan rasa empati bila saya di posisi rekan kerja.

Mochhamad Ismail S
Menyenangkan, menarik, dengan cara pembelajaran yang berbeda kita bisa memahami cara kerja sama, komunikasi dengan tim. Kita bisa lebih mengenal teman, kita juga tau bagaimana cara komunikasi yang baik dalam sebuah organisasi dan bagaimana menjadi pemimpin dan memahami bawahannya.

M. Albaihaqi Kahfi
Senang dapat mengikuti kegiatan materi ini, dapat membuat setiap kelasnya menjadi senang, Materi yang ditunggu – tunggu. Dengan praktek, membuat suasana kelas menjadi hidup dan aktif, tidak boring, bebas untuk berpendapat, dapat meningkatkan rasa percaya diri juga, dan rasa kemimpinan yang tidak disadari langsung oleh kita. Dapat membangun rasa percaya diri dan menimbulkan rasa kepemimpinan secara tidak langsung, sehingga dapat menyadari bahwa pada diri ini terdapat bakat untuk menjadi pemimpin, dan juga dapat mengetahui sikap positif dan negatif dan dapat menghasilkan feedback terhadap kita. Dapat menyadari atau mengetahui kekurangan dan kelebihan pada diri sendiri.

M. Apriandhani
Senang sekali karena setiap pembelajarannya mengandung makna yang berbeda – beda
– Dapat berempati , mengerti satu sama lain, dan kerja sama paling utama.
– Memperbaiki kelemahan diri dan berintropeksi.

Rio Sonjaya
Menambah wawasan tentang kepemimpinan yang dikaitkan di dunia kerja atau didalam pengurusan suatu organisasi. Dari ilmu ini akan saya jadikan bahan acuan.
– Cara berkepemimpinan
– Cara bekerja sama dengan orang lain
– Mampu mengetahui tentang tiap seseorang
– Rasa bertanggung jawab dengan sesama
– Saling membantu dalam kelompok untuk mencapai tujuan yang akan dicari.

Risman Abdillah
Setiap pembelajaran yang didapat sangat bermakna dalam kehidupan, menarik di implementasikan lewat game. Perubahan dalam diri, motivasi diri meningkat, bisa meng-instropeksi diri agar lebih baik, teknik melakukan perencanaan strategis, mengetahui kekurangan, kelemahan diri yang kita alami atau teman – teman kita yang rasakan.

M. Azhar Iskandar
Bisa mengetahui kemampuan bekerjasama terutama saat mengulas tentang kelebihan & kekurangan diri sendiri & apa yang orang lain lihat dari diri kita sendiri.

Yusuf Muh Shidiq
Sangat membantu untuk memperbaiki hal – hal yang mencakup sifat yang ada didalam diri saya sendiri. Seperti hal-nya adalah sifat gugup dan grogi ketika berbicara atau menjelaskan sesuatu didepan banyak orang, selama mengikuti materi saya jadi mengerti bagaimana cara mengendalikan diri ketika berbicara didepan banyak orang, dan akhirnya saya mengimpletasikan hal tersebut.

Tisman Darmanto
Memberikan banyak manfaat dan pelajaran yang dapat diambil. Dalam proses pembelajaran pun tidak membosankan sehingga membuat saya selalu bersemangat, dan antusias. Materi ini meberikan/mengajarkan kerjasama dalam tim, empati, komunikasi, dll. Semua hal tersebut sangat berguna pada kehidupan nyata.

Frika Da Cintia
Di materi ini saya & teman – teman dituntut harus bekerjasama dengan orang lain bahkan yang belum pernah sekolompok atau se’tim dengan saya. Di Materi ini juga banyak permainan yang membuat banyak calon pemimpin muncul dengan alami, dan permainan diMateri ini mengajarkan banyak hal seperti empati, simpati, dll. Banyak ilmu baru, cara baru, yang didaftarkan untuk menyelesaikan masalah. Seperti ilmu baru untuk memposisikan seseorang di posisi yang benar, dll.

Mochamad Adi Budiansyah
Yang saya rasakan di Materi ini adalah menambah pengalaman, wawasan, cara menilai sikap dan prilaku serta mengetahui problem – problem yang terjadi di dunia kerja. Yang sangat terasa adalah tentang, bahwa dalam kerja sama & tim harus memiliki empati dan komunikasi agar tidak terjadi kesalahan fatal.

Hamzah Nursaufa
Asyik dan menyenangkan, karena setiap sesinya bukan hanya diisi dengan ceramah – ceramah namun dengan game juga sehingga pembelajaran sangat dinamis dan di akhir sesi selalu di tutup dengan pemberitahuan makna dari game tersebut sehingga materi ini jadi sangat bermakna bagi saya.

Agung Wibowo Ibrahim
Saya merasa bahwa suatu materi juga bisa memberi rasa asyik kepada peserta, contohnya saya. Melakukan kegiatan dengan memberatkan pada pembelajaran dengan cara bermain game yang atraktif. Saya mendapatkan ilmu – ilmu tentang bagaimana caranya berorganisasi dengan baik, dengan cara menganalogikan pembelajaran – pembelajaran tersebut dari permainan ke situasi kerja.

Yadhi Putra Wardhana
Membuka wawasan lebih, tentang apa yang dimaksud dengan kerjasama dan kepemimpinan, yang berguna di dunia kerja. Dapat merasakan keadaan rekan (empati); Menentukan ego untuk satu tujuan (agar tujuan tercapai); Belajar menerima/menanggapi kritikan; Berguna dan dapat di impletasikan didunia kerja.

Gunawan Chandro Fedricson
Saya merasa terbantu untuk mengembangkan diri agar bisa bekerjasama secara tim dan saya belajar bagaimana cara memecahkan masalah walau dalam keadaan yang sangat genting. Saya belajar bagaimana cara berkomitmen yang baik, dan cara memimpin yang tegas dan benar.

Ilham Rizkiya
Saya bisa mempelajari hal – hal yang baru dan mengimplementasikan ke kehidupan sehari – hari. Seperti nilai – nilai kehidupan empati, leadership, simpati dan kerjasama. Dan terlebih penting adalah kita mengetahui seperti apakah diri sendiri.

Jihad Badrudin Ashari
Kita dapat mengetahui banyak hal yang tersembunyi dalam diri kita.

M. Aziz R.
Materi ini sangat membantu saya agar lebih berani berbicara didepan banyak orang. Mengajarkan bagaimana kita bisa menjadi seorang panutan bagi anggota yang lainnya.

Aditya Suwandana
Menyenangkan karena banyak pengalaman baru yang saya dapatkan bukan hanya materi tetapi juga prakteknya langsung, jadi ketika praktek kita mengetahui apa yang harus dilakukan akan tetapi ketika tahu untuk melakukannya ada konteks yang kurang paham, nah hal tersebut suka dipertegaskan pas akhir waktu setelah praktek, jadi kita saling berunding mengenai manfaat tersebut. Saya sangat senang karena bisa lebih mengenal diri saya atas materi umpan balik, games – games komunikasi, dll. Kita diajarkan kerjasama dalam tim, lebih empati, lebih berani mengungkapkan pendapat, lebih berkomunikasi dengan lingkungan sekitar, lebih membangun rasa percaya diri terhadap tim, lebih bisa menempatkan diri ketika dilingkungan baru, misal jadi ketua ataupun anggota.

Herdin Nur Rahman
Menyenangkan, karena memberikan penjelasan yang langsung di praktekan. Memberikan pemahaman bahwa kerjasama tim harus memiliki empati dan komunikasi yang baik.

Mumu Muhammad Salamudin
Mengesankan, banyak pelajaran yang bisa di ambil dan juga tentunya menambah pengetahuan baru dan juga merubah beberapa pola pikir saya. Saya dapat pengetahuan baru, lebih berani mengubah beberapa pola pikir, dan mengubah cara dalam menyelesaikan masalah.

Hadriana M
Bahagia, asyik, bersyukur karena dalam Materi ini disampaikan dengan cara yang berbeda dari Materi lain tetapi tujuan dari Materi ini dapat disampaikan dengan baik. Dari Materi ini saya dapat belajar cara memimpin, beroganisasi, dsb sehingga mungkin kelak menjadi bekal saya dalam mencari pekerjaan. Saya dapat memahami bagaimana cara menjadi seorang pemimpin, bagaimana cara bekerjasama, bagaimana cara berkomunikasi, dsb.

Reza Ahmad Rafik
Perasaan yang dirasakan di materi ini seru, menyenangkan, selalu menghibur, dengan berbagai game dan menambah pengetahuan baru secara tidak langsung. Menambah ilmu baru. Megetahui konsep kerja sama tim dan kepemimpinan melalui game-game. Mendapat nilai diri sendiri (umpan balik) dari teman-teman.

Akhmad Rivaldi Akbar
Menyenangkan, karena mendapatkan pengetahuan baru mengenai kerja sama dan kepemimpinan. Mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengetahuan dan kepemimpinan.

Neni Haryani
Di materi ini tidak selalu mengajarkan teori tetapi juga mengajarkan teori dibareni dengan praktik, sehingga menjadi lebih mudah dipahami. Kita menjadi lebih tau arti dari empati kepada orang lain, menjadi seseorang yang tidak egois dengan cara mensamakan sudut pandang dalam menghadapi masalah.

Rafif Amrulloh
Menyenangkan, setiap ada sebuah studi kasus baru, membuat kita bagaimana cara untuk tidak memikirkan diri sendiri, tetapi harus bekerja dan mengerti orang lain dalam bekerjasama, tidak boleh berfikir egois, mencoba untuk mengerti apa yang dipikirkan orang lain, mencoba untuk berfikir berdasarkan sudut pandang orang lain.

Suryadi
Menyenangkan, karena tidak hanya belajar ilmu yang dapat diimplementasikan di dunia kerja atau lingkungan sosial, tetapi materi ini juga memberikan simulasi-simulasi berupa praktek yang di analogikan akan terjadi di masa depan untuk meningkatkan kerjasama, meningkatkan rasa empati, mengasah pola pikir, mengasah cara pembuatan strategi, menambah pengetahuan baru.

Dwi Satrio
Menyenangkan, karena pembelajaran lebih banyak praktik yang dapat memotivasi dan pengetahuan yang baru, serta dapat di implementasikan di dunia kerja. Kita dapat belajar berkomunikasi, belajar menyelesaikan suatu masalah yang biasanya terjadi di dunia kerja, jadi kita suatu saat nanti dapat mengikuti cara di materi ini untuk penyelesaiannya.

Deni Perta Wijaya Sinaga
Mendapatkan ilmu lebih dalam tentang arti kerjasama dan seni kepemimpinan serta rasa bertanggung jawab, fun, dan menyenangkan. Membuat perubahan diri lebih baik. Mengembangkan diri dan lebih berfikir kritis.

Hanif Howerudin
Menambah Pengetahuan baru dalam hal berorganisasi/berkumpul dengan orang lain dan dapat mengontrol diri apa yang harus dan tidak harus di lakukan di dalam suatu tim. Menambah rasa kerja sama dalam tim dan belajar peka terhadap anggota tim lain, sehingga menimbulkan perasaan ingin menerapkannya dalam kehidupan. Menambah keterampilan/ilmu dalam mengembangkan diri, solusi dalam dalam menghadapi persoalan kerjasama tim, menahan ego pribadi, mendapat gambaran lingkungan/ situasi tim di dalam dunia pekerjaan.

Dalu Alqodri Pratama Putra
Cara belajarnya berbeda dan sangat menarik, ternyata belajar belajar itu tidak hanya dengan membaca buku saja tetapi bisa di lakukan dengan cara bermain, dengan permainan malah lebih cepat di serapnya pembelajaran tersebut. Dari materi ini kita/saya bisa tau mana yang baik dan buruk dan buruk, bukan untuk menang/kalah dan kita bisa lebih mengenal sesama teman lebih dekat lagi dan bisa belajar empati lebih baik lagi.

Agung Ramadhan
Bersemangat mengikuti materi ini, karena kita dapat belajar sambil bermain. Selain itu juga membuat suasana menjadi seru dan aktif. Terima kasih banyak Pak Saeful. Mengikuti materi ini sangatlah penting karena dapat membangun mental menjadi lebih baik lagi, terutama mental sebagai pemimpin, minimal untuk diri sendiri terlebih dahulu, lalu kita dapat mengetahui apa kekurangan dan kelebihan diri kita sendiri. Karena mengetahui hal tersebut akan lebih mudah untuk memperbaiki mental.

Tirta Adiguna P
Melatih kerja sama yang baik, melatih intropeksi diri. Yang di ambil dari Materi ini yaitu membangun kerja sama, mengintopeksi diri menemukan bakat terpendam dalam diri sendiri memberi motivasi baik terhadap teman maupun diri sendiri.

Yudi Guntara
Banyak game-game yang dapat melatih kepemimpinan dan waktu belajarpun enjoy. Mengetahui bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik.

Reza Rivaldi
Have fun, learn by doing. Lebih mengenal kepribadian antar sesama mahasiswa berkomunikasi baik. Tepat/sesuai timing karena dengan Materi ini di semester 7 membuka wawasan terhadap apa saja yang akan di hadapi di dunia luar/ dunia perkantoran.

Muhammad Wahid Abdullah
Sangat membantu dalam pengembangan skill leadership dan memperkuat kerja sama tim. Dan pembelajarannya sangat asik. Membuat kita berpikir lebih bagaimana caranya menjadi pemimpin dan mengatur anggota tim.

Giri H.W
Merasa dapat membangun rasa kepemimpinan, pengambilan keputusan yang sesuci pada posisi dan waktu yang tepat. Dapat belajar dan mengembangkan kerja sama tim dan bersaing atas kompetisi yang telah diberikan. Melatih pemecahan persoalan/masalah yang di hadapi oleh tim merasa senang.

Kalam Sidik
Saya merasakan penting kerja sama dalam suatu kegiatan organisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Dapat pemahaman untuk mencapai keberhasilan dengan cepat dan tepat. Semua materi yang di sampaikan membangun apa kepemimpinan, komunikasi maupun kemampuan kerja sama tim saya.

Muhammad Adi Farhoni
Banyak ilmu baru yang di dapatkan. Saya bisa merasakan bagaimana cara menjadi seorang pemimpin dan bekerja sama dalam satu tim.

Chabieb Husain F
Materi ini tidak seperti materi lain yang membuat jenuh dan ada rasa bosan ketika hendak memasuki kelas. Materi ini FRESH! Bagus. Karena bisa meningkatkan minat mahasiswa untuk lebih bisa meningkatkan kerja sama dan menimbulkan rasa simpati.

Angga Wijanarko
Saya lebih mengetahui bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik terhadap bawahannya. Memiliki rasa empati kepada orang lain, senang, dan mempelajari hal-hal yang baru atau ilmu baru, bermanfaat. Dapat memecahkan sebuah permasalahan yang ada secara tim. Dalam Materi ini, dipelajari bagaimana seorang dalam tim tersebut dapat memecahkan permasalahan yang ada, baik itu memberikan solusi permasalahan, berdiskusi.

Bambang Suhendro
Bagus, saya bisa mengetahui cara menjadi pemimpin yang baik mengetahui kerja sama yang baik itu seperti apa.

Share