Tes Kepribadian MBTI

Tes Kepribadian MBTI Mayers Briggs Type Indicator

Buku MBTI

Tes Kepribadian MBTI (Mayers-Briggs Type Indicator)

adalah jalan untuk memetakan diri Anda berada dimana dan seperti apa, supaya dengan mudah Anda melakukan tindakan dalam berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan sekitar Anda. Tes ini menjadi andalan bagi perusahaan-perusahaan dalam menilai kepribadian para karyawan untuk melihat tingkat kinerja kolektif sebuah perusahaan dan sangat signifikan terhadap perkembangan manajemen perusahaan. Tes kepribadian MBTI salah satu alat untuk mengukur sejauh mana tingkat pencapaian yang telah diraih oleh sebuah perusahaan dari sisi kekuatan Sumber Daya Manusia yang diperlihatkan dari karakter-karakter yang muncul pada kinerja para karyawan.

Apa kaitan kecerdasan emosi dengan dunia kerja? Mengapa dianggap penting? Karena, orang yang cerdas secara emosi biasanya secara antar pribadi dapat menyesuaikan diri dengan baik, dan secara intra pribadi mampu mengendalikan stresnya. Sehingga kedua stabilitas unsur intrinsik dan ekstrinsik tersebut dapat mempengaruhi suasana hati seseorang secara umum. Jika suasana hati seseorang baik, maka berpengaruh positif terhadap kinerjanya. Jika semua karyawan memiliki kecerdasan emosi yang baik, maka lingkungan organisasi akan teratur dan stabil.

Sadar akan hal penting tersebut, kebanyakan organisasi dalam rekrutmen karyawannya tidak lagi hanya bersandar pada kecerdasan intelektual dan kemampuan teknis belaka, tetapi juga menerapkan pengukuran kecerdasan emosi. Pengukuran kecerdasan emosi dapat dilakukan dengan metode personality assessment. Ada beberapa metode personality assessment yang dianggap valid dan banyak digandrungi dalam manajemen moderen karena aplikasinya yang mudah dan tidak memakan waktu lama.

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah metode yang paling populer di Amerika Serikat. Lebih dari 2 juta orang dalam setahun melewati seleksi pegawai dengan metode MBTI.

Organisasi perusahaan besar di Indonesia sudah akrab dengan tes kepribadian MBTI. Mereka menjaring para calon pekerjanya dengan mengutamakan pada empat dimensi kepribadian. Tidak sekedar untuk rekruitmen pegawai, perusahaan-perusahan tersebut seringkali melakukan evaluasi dengan konsultan manajamen dan SDM melalui workshop dan seminar bagi para Manager perusahaannya untuk melihat bagaimana tingkat perkembangan kepribadian para manajer. Mereka tidak segan mengeluarkan biaya cukup tinggi demi mempertaruhkan kemajuan perusahaannya. Kemajuan sebuah perusahaan bergantung kekuatan pada kompetensi dan kepribadian sumber daya manusianya.

Pengujian kepribadain MBTI berlaku untuk perusahaan dalam bentuk apa pun. Tidak ada syarat khusus sebuah perusahaan dalam menggunakan MBTI sebagai alat tes menguji dan mengevaluasi tipe diri. Anda dapat melihat daftar perusahaan yang beragam yang telah mengevaluasi para manajernya lewat tes kepribadian MBTI.

  1. PT Bank Mega, Tbk
  2. PT Lippo Bank, Tbk
  3. PT.Bank Bukopin, Tbk
  4. Ciputra Group
  5. PT Amway Indonesia
  6. Badan Meteorologi & Geofisika (BMG)
  7. PT Cakrawala Adhiwarna Semesta
  8. Erraenersi Konstruksindo
  9. PT Export Service Centre
  10. PT Daya Adira Mustika
  11. PT Kustodian Sentral Efek Indonesia
  12. PT Nikko Securities Indonesia
  13. PT Sapta Sarana Sejahtera
  14. PT Grita Artha Kreamindo (5asec)
  15. PT Data Scrip
  16. JC&K Advertising

Pada daftar panjang perusahaan di atas satu sama lain memfokuskan pada bidang sama sekali berbeda. Ada perusahaan yang bergerak pada bidang perbankan, advertising, kontruksi, asuransi, pemerintahan, dan lain-lain. Masing-masing perusahaan memiliki orientasi bisnis tersendiri. Namun, bagi mereka ada kebutuhan yang sama dalam mempertahankan eksistensi perusahaannya, yakni kualitas kepribadian Sumber Daya Manusianya.

Mengenali tipe kepribadian (Personality Type) seseorang merupakan kegiatan yang sangat menarik dan amat berguna di dalam manajemen organisasi. Analisis tipe kepribadian ini sangat besar manfaatnya di dalam mengelola sumberdaya manusia. Mayoritas organisasi terkemuka di dunia menggunakan metode MBTI di dalam memetakan tipe kepribadian setiap orang. Metode MBTI jauh lebih lengkap (semestinya juga lebih valid) dibandingkan metode lainnya. Metode MBTI membagi tipe manusia menjadi 16 tipe. Dengan pembagian yang lebih banyak ini, metode MBTI diyakini memiliki tingkat akurasi yang lebih baik.
Hasil pemetaan tipe personalitas ini ampuh untuk menjadi dasar di dalam mencari orang yang tepat untuk jabatan yang tepat (the right man in the right place), pengembangan karir, maupun di dalam manajemen hubungan (relationship management). Pada dasarnya setiap tipe kepribadian membutuhkan manajemen hubungan yang sesuai sehingga hubungan dan komunikasi interpersonal dalam organisasi berjalan dengan mulus. Manajemen hubungan dan komunikasi yang baik, pada gilirannya, akan meningkatkan kinerja setiap karyawan maupun organisasi secara keseluruhan.

Pada kondisi tertentu, hasil pemetaan kepribadian ini akan berdampak pada bertahan atau tidaknya sebuah posisi jabatan. Yang terjadi kemudian antara lain rotasi atau mutasi jabatan, bahkan pemecatan. Mengetahui tipe diri berarti juga menyadari akan posisi, resiko, dan konsekuensi. Jika sebuah perusahaan mengalami penurunan kualitas SDM nya, dengan mudah perusahaan tersebut melakukan pemutusan hubungan kerja, baik dalam sekala kecil maupun skala masal.

Pemutusan hubungan kerja yang sering terjadi di beberapa perusahaan tidak hanya karena persoalan lemahnya perusahaan dalam memberikan gaji bagi para pekerjanya. Justru kondisi psikologis kolektif lemah yang membuat perusahaan lengah sehingga tak berdaya. Iklim kinerja sehat tercipa karena didukung oleh kemampuan para karyawannya dalam menjaga dan memelihara kepribadiannya secara seimbang.

Menyadari pentingnya kepribadian, perusahaan-perusahaan sangat ketat dalam menyeleksi calon karyawan. Dari sekian banyak pelamar, hanya segelintir orang yang diterima. Bukan saja karena kebutuhan jumlah karyawan yang terbatas, namun keterbatasan dan ketidakcocokan kepribadianlah yang menjadi persoalan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *