MOTIVATION TRAINING FOR BRIGHTER 2017

“More Discipline, Productive, Innovative, and Team work.”

Kalimat di atas merupakan tema kegiatan Rapat Kerja PT. Sampono Alam Globalindo (SAG) yang dilaksanakan di Puncak pada tanggal 11 – 13 November 2016. PT. Sampono Alam Globalindo (SAG) adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang distributor parfum di Indonesia.

Pada pelaksanaannya, tidak hanya rapat kerja saja yang dilakukan, tetapi juga ditambahkan  sesi motivation training yang harapannya para peserta rapat kerja akan termotivasi dan siap melakukan perubahan-perubahan baik pada kinerjanya masing-masing di tahun 2017. Maka dari itu, PT. Sampono Alam Globalindo bekerjasama dengan Gibasa Consultant dan Saeful Zaman, S.Psi., MM sebagai trainernya dalam penyelenggaraan motivation training ini.

Training ini dimulai pada pukul 20.30 dan dibuka dengan ice breaking melalui game sebagai upaya untuk menyamakan frekuensi kesadaran yang sama terhadap pentingnya kegiatan untuk SAG yang lebih progress. Suasanapun menjadi cair dan peserta di setiap mejanya tampak membaur.

Kemudian selanjutnya trainer langsung masuk ke dalam inti pematerian dengan bahasan pertamanya yaitu melakukan Change Paradigm, tujuannya adalah untuk mengubah paradigma peserta serta memberikan kesadaran bahwa diri kita mampu melakukan suatu pekerjaan lebih baik lagi dari sebelumnya dengan lebih kreatif dan inovatif. Selain itu disampaikan juga cara berpikir dan berperilaku positif yang langsung dapat diaplikasikan dalam setting pekerjaan.

                         

Pematerian dilanjutkan dengan membahas Johari Windows, yang terdiri dari 4 tipe diri manusia yaitu Diri Terbuka, Diri Terlena, Diri Tersembunyi, dan Diri Tidak Diketahui Siapapun. Pada materi Johari Windows ini peserta dapat memperoleh data baru tentang diri yang sebelumnya tidak diketahui atau tidak diyakini sepenuhnya. Sehingga kemudian data baru tersebut memudahkan peserta untuk melakukan upaya-upaya menghilangkan atau meminimalisir kekurangan dirinya. Selain itu juga memudahkan peserta untuk melakukan upaya-upaya meningkatkan kepercayaan diri sekaligus memanfaatkannya untuk progress yang berkelanjutan melalui kelebihan diri yang tersadari. Melalui materi ini diharapkan peserta akan lebih mengenal dirinya dan termotivasi untuk melakukan perubahan di tahun depan demi tercapainya tujuan perusahaan.

Materi di atas menjadi materi terakhir dan motivation training ini ditutup dengan permainan lap  seat yang diikuti oleh seluruh peserta laki-laki. Peserta mengakhiri kegiatan dengan kondisi yang masih semangat dan tampak puas dengan training ini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *