Dunia Kerja Butuh Potret Diri Anda

Orang yang sukses adalah yang mampu membangun fondasi yang kokoh dari batu-batu yang dilemparkan orang kepadanya

(Luciano De David Brink)

Di dunia kerja, perusahaan melakukan rekruitmen atau seleksi calon pekerja melalui tes kepribadian. Hal ini bertujuan untuk menilai seberapa jauh kemampuan psikologis seseorang tentang potensi diri, kemampuan khusus, bakat, minat dan kondisi kejiwaan yang diukur dari berbagai aspek dan disesuaikan dengan standar instansi dalam mencari SDM yang memenuhi kualifikasi.

Dengan melakukan tes, perusahaan akan mendapatkan gambaran utuh mengenai kondisi calon pekerja baik keunggulan diri maupun kelemahan yang dimiliki, sehingga memudahkan untuk memilih orang yang paling tepat berada di posisi yang dibutuhkan.

Contoh sederhananya, orang yang dibutuhkan untuk menempati posisi dosen, harus memiliki kemampuan dasar dalam membina hubungan dengan orang lain, kemampuan verbalisasi yang bagus, pengelolaan emosi yang baik ketika berhadapan dengan mahasiswa yang selalu membuat ulah, dan sebagainya. Berbeda dengan posisi web designer, untuk posisi ini yang lebih diutamakan adalah kemampuan teknis komputer dan jiwa seni untuk membuat karya yang indah dan efektif. Jabatan di bidang penjualan membutuhkan tipe kepribadian yang berbeda dengan bagian audit.

Beragam tes digunakan untuk memilih orang terbaik dari sekian banyak calon, sesuai kriteria jabatan maupun tugas yang harus dilakukan. Terhadap pekerjaan-pekerjaan tertentu diperlukan kemampuan berpikir konseptual, analitis, atau kemampuan berpikir logis. Hasil tes terhadap kemampuan ini akan menjadi kontribusi terhadap prediksi kesuksesan dalam menjalani tugas-tugasnya ketika sudah diterima. Potensi mereka dinilai dan dibandingkan dengan potensi-potensi yang harus dimiliki agar berfungsi efektif dalam posisi tertentu.

Kini banyak perusahaan telah mengembangkan cara penjaringan atau rekruitmen yang lebih selektif dan rapih dengan tujuan untuk memperoleh kesesuaian antara apa yang menjadi kebutuhan perusahaan, karakter diri calon karyawan apa yang dibutuhkan, kenyataan sifat diri apa yang ada dalam diri calon karyawan tersebut.

Mengenal kepribadian diri akan membuka jalan kemampuan Anda dalam menghadapi lingkungan di luar diri Anda, bagaimana Anda dengan teman-teman ketika bergaul, seperti apa kondisi Anda ketika berada di lingkungan pekerjaan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *